10 Pertanyaan Umum Wawancara Lowongan Pekerjaan

Pelajari 10 pertanyaan wawancara umum dibawah ini kemungkinan besar akan ditanyakan pada saat wawancara, dan contoh jawaban terbaik.
Selain itu, pastikan untuk meninjau pertanyaan tambahan di bagian akhir artikel ini, jadi Anda siap menjawab beberapa pertanyaan yang lebih menantang yang mungkin muncul selama wawancara.

10 pertanyaan wawancara lowongan pekerjaan

1. Ceritakan tentang diri anda ?

– Jawaban Terbaik
Bersiaplah berbicara tentang diri Anda, dan mengapa Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu. Cobalah untuk menjawab pertanyaan tentang diri Anda tanpa memberitahukan terlalu banyak, atau terlalu sedikit, informasi pribadi.

Anda dapat memulai dengan menceritakan beberapa minat dan pengalaman pribadi Anda yang tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan, seperti hobby, favorit atau jawaban singkat tentang di mana Anda dibesarkan, pendidikan Anda, dan apa yang memotivasi Anda.

Jawablah secara sistimatik terstruktur memakai rumusan “waktu lalu, sekarang dan yang akan datang”.

Mulailah dengan gambaran singkat tentang kegiatan Anda saat ini ( mencakup pekerjaan Anda dan hobi atau impian dan passion Anda), motivasi anda, bagaimana Anda sampai ke tempat Anda melakukan aktivitas anda saat ini.
Sebutkan pendidikan, atau pengalaman berkesan atas pekerjaan di masa lalu kemudian diakhiri dengan impian Anda dimasa depan.

Utarakan jika Anda dapat mengidentifikasi bagaimana posisi yang Anda lamar sesuai dengan impian masa depan.

Berhati-hati tentang apa yang Anda ceritakan dalam jawaban Anda
• Hindari subjek yang berpotensi menimbulkan pertentangan seperti suku, agama, ras atau politik kecuali Anda benar-benar yakin bahwa pendapat Anda akan diterima dengan baik oleh pewawancara.
• Hindari terlalu banyak berbicara tentang keluarga atau hobi yang mungkin membuat pewawancara bertanya-tanya apakah Anda dapat berkomitmen 100% terhadap pekerjaan yang dilamar.

Tuliskan jawaban Anda terlebih dahulu dan kemudian bacalah dengan keras untuk memastikannya terdengar alami. Cobalah membuatnya tetap pendek dan manis, karena Anda tidak ingin tampil sebagai tipe orang yang terus menerus mengoceh tentang diri mereka sendiri.

2. Apa kelebihan, keunggulan Anda?

– Jawaban Terbaik
Ketika Anda ditanya tentang kelebihan Anda, penting mendiskusikan kriteria yang akan membuat Anda memenuhi syarat pekerjaan yang dilamar dan membedakan Anda dari kandidat lainnya.

Luangkan waktu sebelum wawancara kerja, membuat kecocokan kualifikasi Anda dengan persyaratan sebagaimana dinyatakan dalam iklan lowongan pekerjaan. Dengan cara ini, Anda memiliki kesiapan dalam mengisi lowongan kerja ini.

Akan lebih baik Anda menunjukan bukti kelebihan atau keunggulan Anda yang diakui pihak lain atau pihak ke tiga dalam bentuk testimony, sertifikat, penghargaan dan lain-lain. Ceritakan dengan singkat latar belakang dan situasi saat Anda mendapatkan testimony tersebut.

3. Apa kelemahan terbesar Anda?

– Jawaban Terbaik
Lakukan yang terbaik untuk membingkai jawaban Anda di sekitar aspek positif dari keterampilan dan kemampuan Anda sebagai karyawan, mengubah kelihatan “kelemahan” menjadi kekuatan.

Misalnya, Anda mungkin mengatakan sesuatu seperti:
“Saya selalu berusaha lebih baik.”
“Saya benar-benar ingin melakukan pekerjaan dengan benar pada kali pertama, tetapi kadang-kadang tantangan buat saya butuh lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas yang menjadi kelemahan Saya, sehingga memotivasi saya untuk tetap bertanggung jawab menyelesaikan sesuai waktu yang ditentukan. ”

Anda juga dapat memberikan contoh keterampilan yang telah Anda tingkatkan, spesifik tentang bagaimana Anda telah mengenali kelemahan dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki diri sendiri.

4. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

– Jawaban Terbaik
Buatlah respons Anda seperti promosi diri anda dengan keyakinan diri, ringkas, fokus menjelaskan apa yang Anda tawarkan kepada perusahaan, dan mengapa Anda harus mendapatkan pekerjaan itu.

Ini adalah waktu yang baik untuk mengutarakan kualifikasi Anda sesuai kriteria pekerjaan yang dilamar, sehingga Anda dapat menyusun jawaban dengan baik, selaras dengan apa yang diharapkan pewawancara.

5. Berapa gaji dan tunjangan yang Anda minta?

– Jawaban Terbaik
Sepertinya pertanyaan sederhana, tetapi jawaban Anda dapat menjatuhkan Anda jika Anda terlalu mahal atau terlalu murah berarti Anda kurang menghargai diri sendiri.

Lakukan riset atau survey pasar gaji atas pekerjaan yang Anda lamar. Ini cara terbaik untuk menjawab pertanyaan tentang gaji sehingga Anda mendapatkan bayaran adil yang layak Anda terima.

6. Mengapa Anda ingin mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan Anda sekarang?

– Jawaban Terbaik
Ketika ditanya tentang mengapa Anda pindah dari posisi Anda saat ini, tetaplah berpegang pada fakta dan singkat. Fokuskan jawaban wawancara Anda untuk masa depan, terutama jika pengunduran Anda tidak dalam kondisi yang baik.

Selalu mencoba untuk memberi kesan positif pada respons Anda; lebih baik untuk memberi kesan bahwa Anda lebih termotivasi kemungkinan peluang baru daripada dengan mencoba melarikan diri dari situasi yang buruk. Selain itu, penting menghindari menceritakan hal-hal yang negative dari perusahaan yang ingin anda tinggalkan.

7. Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?

– Jawaban Terbaik
Pertanyaan ini memberi kesempatan kepada Anda menunjukkan kepada pewawancara apa yang Anda ketahui tentang pekerjaan dan perusahaan yang anda lamar.

Luangkan waktu sebelum wawancara meneliti perusahaan, produk atau layanan, visi, dan misinya secara menyeluruh.

Buatlah secara spesifik tentang apa yang membuat Anda cocok untuk pekerjaan ini, dan sebutkan aspek perusahaan dan posisi yang menarik bagi Anda.

8. Bagaimana Anda menangani stres dan tekanan?

– Jawaban Terbaik
Apa yang Anda lakukan ketika sesuatu tidak berjalan lancar di tempat kerja?
Bagaimana Anda menghadapi situasi yang sulit?
Apa yang Anda lakukan ketika ada yang salah?

Cara terbaik untuk menanggapi pertanyaan ini adalah memberi contoh bagaimana Anda berhasil mengatasi stres dalam pekerjaan sebelumnya.

Hindari mengklaim bahwa Anda tidak pernah, atau jarang, mengalami stress. Tidak hanya sulit untuk dipercaya, tetapi ini juga dapat mengarahkan pewawancara untuk menyimpulkan bahwa Anda hanya bekerja di lingkungan dengan tekanan rendah dan karena itu tidak siap untuk menangani situasi yang sulit.

Rumuskan jawaban Anda dengan cara mengakui adanya stres di tempat kerja dan jelaskan bagaimana Anda mengatasinya, atau bahkan menggunakannya untuk keuntungan Anda.

9. Jelaskan situasi kerja yang sulit dan bagaimana Anda mengatasinya ?

– Jawaban Terbaik
Pewawancara ingin tahu apa yang Anda lakukan ketika Anda menghadapi keputusan yang sulit. Bersiaplah untuk memberikan contoh tentang apa yang Anda lakukan dalam situasi yang sulit.

Penting untuk menceritakan dengan detail contoh situasi kerja yang sulit, dengan paparan yang baik sehingga dipercaya dan menarik.

Hindari berbicara negatif, atau ekstensif, tentang orang lain. Hal ini dapat mengurangi apa yang benar-benar ingin diketahui oleh pewawancara

10. Apa rencana atau cita-cita Anda di masa depan?

– Jawaban Terbaik
Pertanyaan ini dirancang mencari tahu, apakah Anda akan tetap tinggal atau pindah jika Anda menemukan peluang yang lebih baik.

Pastikan jawaban Anda terfokus pada pekerjaan dan perusahaan tempat Anda mewawancarai, dan ulangi kembali kepada pewawancara bahwa posisi yang dilamar sesuai dengan tujuan jangka panjang Anda.

Apakah Anda Punya Pertanyaan?
Pada penutupan wawancara, sebagian besar pewawancara bertanya apakah Anda memiliki pertanyaan tentang pekerjaan yang lamar atau perusahaan.

Jika Anda tidak memiliki pertanyaan apa pun, ini dapat membuatnya tampak seperti Anda tidak peduli tentang peluang. Jadi, sebaiknya memiliki daftar yang siap dengan pertanyaan dan tanggapan atas perusahaan atau pekerjaan yang dilamar.

Pertanyaan tambahan
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan selama wawancara kerja dan memerlukan jawaban yang perlu dipersiapkan.

a.Bagaimana Anda menangani kesuksesan?
b. Bagaimana Anda menangani kegagalan?
c. Apakah Anda bekerja dengan baik dengan orang lain?
d. Apa yang bisa Anda lakukan untuk improvement perusahaan kami?

Tinjau pertanyaan wawancara pekerjaan yang lebih umum, lihat contoh jawaban yang dapat Anda gunakan untuk berlatih untuk wawancara kerja. Anda juga dapat mengharapkan untuk ditanyai tentang bagaimana Anda akan menanggapi situasi terkait pekerjaan tertentu

Sekali lagi persiapan adalah penting sebelum anda menghadapi wawancara pekerjaan.
Silahkan berlatih dan mencoba.
Persiapan dan latihan, kunci keberhasilan Anda

Social Media Link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − four =